SATUKAN HATI UNTUK KORBAN KEBAKARAN PALINGKAU LAMA

Minggu, 10 Januari 2016 Damkar Mandiri mempunyai POSKO di jalan Anggrek masih menerima dan mengumpulkan bantuan dari berbagai lapisan masyarakat yang peduli pada kejadian musibah kebakaran perumahan dan kios. Berbagai macam bentuk bantuan dari Uang Tunai yang kemudian dibelikan bahan makanan, ada juga yang langsung memberikan bahan makanan seperti beras. Bentuk pakaian layak pakai, Karpet, alas tidur, Terpal dan sebagainya.
Dalam kegiatan ini Posko damkar mandiri juga sekaligus dijadikan posko bersama baik dari Damkar Mandiri sendiri, ORARI Lokal Kapuas, Emeregency 508 serta relawan kemanusiaan lainnya. Kurang lebih 11 unit mobil tergabung dan beriringan bersama-sama menuju Lokasi Kebakaran di desa Palingkau Lama Kecamatan Kapuas Murung yang salah satunya merupakan mobil dari personil Damkar Induk Kabupaten Kapuas dan juga BPK PM (Pangeran Muda) Banjarmasin ikut ambil bagian. Penyaluran bantuan saat ini merupakan yang ke 3 (tiga) kalinya sudah dilaksanakan oleh Damkar Mandiri, ORARI dan Emergency 508. Namun pelaksanaan yang sekarang ini sedikit berbeda karena penyerahan dilakukan langsung oleh Ketua Damkar Mandiri Kabupaten Kapuas Bapak Bob Dwi Cipta  Mahaputra, SH dan juga diikuti oleh Organisasi KNPI Kabupaten Kapuas. 






Dalam perjalanannya ke lokasi Ketua Damkar Mandiri bergabung bersama mobil BPK bak Terbuka dan hal ini sangat memberikan motivasi untuk anggota pemadam Mandiri Kabupaten Kapuas. 


Penyerahan berlangsung tertib dan dari masing-masing team gabungan diwakili anggotanya menyerahkan secara simbolis kepada panitia yang dibentuk oleh pihak Kecamatan Kapuas Murung. Pada Kesempatan ini Ketua Damkar Mandiri juga sempat langsung menyampaikan rasa ikut prihatin terhadap musibah yang terjadi pada salah seorang korban disekitar lokasi kebakaran. 

Data terakhir yang didapat dari Bapak Rifai Camat Kapuas Murung jumlah korban dan dampak sebagai berikut :
·         Jumlah KK kehilangan Tempat Tinggal = 139 KK (Kepala Keluarga)
·         Jumlah Rumah/Ruko yang terbakar sebanyak = 120 bangunan
·         Serta Jumlah jiwa sebanyak 457 Jiwa.
Dalam hal perubahan data jumlah korban yang terjadi Camat Kapuas Murung memberikan Ketegasan kepada Ketua RT. Masing-masing untuk memberikan data sebenarnya dan juga ditegaskan bahwa data harus satu pintu yaitu melalui pihak kecamatan.
Untuk kegiatan POSKO sampai dengan pada hari Kamis, 14 Januari 2016 akan tetap dilaksnakan pada tempat semula dan untuk informasi awal pindah ke Kantor Kacamatan dibatalkan. Dengan demikian bagi masyarakat yang ingin membantu terhadap kejadian kebakaran dipalingkau masih terbuka dan untuk keperluan yang mendesak saat ini bagi korban musibah kebakaran di Palingkau Lama adalah Alat-alat Memasak, sehubungan dari DU (Dapur Umum) yang dilaksankan oleh TAGANA dari Dinas Sosial Kabupaten Kapuas sudah berakhir.





           Dan masih banyak lagi dermawan mulai dari pejabat dan masyarakat serta organisasi lainnya yang sangat peduli pada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah ini.

Komentar

Postingan Populer