Rabu, 16 Mei 2012

WASPADA SEBELUM MAKAN

Pada tanggal, 14 Mei 2012 sekira pukul 18.00 Rumah Sakit Umum Daerah Soemarno. S ada beberapa pasien dirawat secara bersamaan. Pada awalnya kurang lebih 17 Px yang masih tergolong balita masuk dan diberikan perawatan kemudian seiring perjalanan waktu satu demi satu pasien berikutnya menyusul masuk untuk mendapatkan perawatan sampai dengan pukul 21.00 wib pasien masuk sebanyak 52 orang. Beberapa Team Medis Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas (TEAM Penanggulangan Bencana KLB)  dikirim ke TKM tepatnya di Desa Mampai Kecamatan Kapuas Murung. dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam Pasien sudah bisa kembali / pulang kerumah masing-masing. Dalam musibah tersebut Team Emergency 508 Orari Lokal Kapuas Tidak turun ke TKM didesa Mampai namun hanya membantu dan memantau di RSUD Kapuas. 
Menurut sumber dari Kasi Pengawasan Obat dan Makanan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas bahwa kejadian ini sudah segera ditangani dan kemungkinan disebabkan oleh faktor makanan yang tidak hygienis dan dari sumber yang sama bahwa sudah diambil sampel makanan tersebut yang nantinya akan diperiksa di Laboratorium Balai POM untuk kepastiannya.    
Dijelaskan juga bahwa untuk penyedia makanan yang dalam meberikan makanan lebih dari 100 orang harus mendapatkan pengawasan khusus dari Dinkes disampaikan melalui surat edaran.
Namun sampai sekarang hanya beberapa penyedia makanan yang melaksanakan hal tersebut.
Kepada Pembaca disarankan selalu waspada terhadap semua makanan yang akan dikonsumsi sehingga terhindar dari hal-hal tersebut diatas.
Syarat Makanan Sehat :
1. Tidak berbau aneh
2. Tidak mengandung bahan kimia berbahaya
3. Tidak kedaluarsa untuk jenis makanan Pabrikan (Periksa  
    sebelum membeli)
4. Tidak ada perubahan warna 
5. Makanan tidak Berjamur
6. Terhindar dari Bakteri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN PEMBACA BLOG MEMBERIKAN KRITIK DAN SARAN UNTUK KEDEPAN AGAR LEBIH BAIK (by admin)