Kamis, 21 Desember 2017

TIGA KALI TDB BANJIR DI KABUPATEN KAPUAS TAHUN 2017

Pada tahun 2017 Kabupaten Kapuas telah menetapkan sampai tiga kali Tanggap Darurat Banjir. Pada penetapan TDB Banjir 1 dan 2 wilayah terdampak banjir Kecamatan Kapuas Hulu, Mandau Talawang, Pasak Talawang dan Kapuas Tengah. Namun untuk TDB Banjir yang ketiga terjadi diwilah Kecamatan Dadahup, Kapuas Murung dan Mantangai sebagian. Bencana banjir diakibatkan curah hujan yang sangat tinggi diwilayah Kabupaten Kapuas serta meluapnya air sungai Barito dan Kapuas. Terdapat satu wilayah desa di kecamatan Dadahup yaitu desa Tambak Bajai yang setiap tahunnya mengalami banjir. 


Badan Peanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas selaku koordinator masalah kebencanaan berkoordinasi dengan seluruh SOPD terkait, dan Organisasi Sosial kemanusiaan yang berada di Kabupaten Kapuas, sesuai amanat UU No. 24 Tahun 2007. Dalam TDB Banjir kali ini Team Emergency 508 ikut bagian dalam Pendistribusian Logistik kewilayah terdampak baik menggunakan jalur Darat maupun Jalur Air. 
 



Dinas Sosial Kabupaten Kapuas dalam hal ini TAGANA terlibat langsung baik pengadaan bantuan dan distribusinya ke masyarakat terdampak, dan tidak ketinggalan juga Pramuka Peduli 150301 Kwaran Selat Kwarcab Kapuas ikut ambil bagian.



Merupakan tanggung jawab Pemerintah, swasta dan seluruh elemen masyarakat dalam penanggulangan bencana seperti Tanggap Darurat Banjir yang terjadi saat ini. Dan kedepan mudahan semakin banyak seluruh elemen yang dapat ambil bagian dalam penanggulangan bencana dan selalu berkoordinasi dengan BPBD
Pada hari Rabu, 20 Desember 2017 pukul 08.00 wib juga terjadi musibah terhadap salah seorang warga desa Dadahup RT, 15 an. Yuli umur 45 th meninggal dunia akibat terkena sengatan arus listrik, saat memperbaiki Klotok (armada air) akibat kabel alat bor yang digunakan bocor. 

Sejak ditetapkannya TDB Banjir mulai 11 - 24 Desember 2017 SOPD Dinas kesehatan juga melakukan pelayanan langsung pada seluruh masyarakat yang terdampak, seperti pelayanan kesehatan pada kelompok rentan, bayi, balita, ibu hamil dan lansia, serta menyediakan buffer stock obat-obatan permasing-masing wilayah.




Tentunya banyak pihak yang baik ditingkat Pemerintahan bawah sampai atas yang sudah terlibat namun tidak tersebutkan karena keterbatasan, informasi.
Salam Satu Hati Untuk Kemanusiaan E508

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN PEMBACA BLOG MEMBERIKAN KRITIK DAN SARAN UNTUK KEDEPAN AGAR LEBIH BAIK (by admin)