DUGAAN KERACUNAN MAKANAN

Sabtu, 26 Nopember 2016, kurang lebih pukul 19.00 wib salah satu anggota team menerima informasi terjadi keracunan makanan di panti asuhan Budi Sejahtera Jl. Jawa Kapuas. Sesampainya dilokasi dan wawancara dengan salah satu pengurus Panti, merangkum informasi bahwa pada hari, Jumat pukul 17.00wib menerima makanan kotak sebanyak 70 kotak dari salah satu panitia acara Reuni di Kapuas. Pukul 18.30 s.d 21.00 wib makanan tersebut didistribusikan keseluruh penghuni panti dan karena penghuni panti jumlahnya sedikit maka sisa makanan oleh pangasuh panti diserahkan ke tetangga sekitar jl. jawa dan jl. sulawesi. Beberapa orang ada yang mengkonsumsi 2 kotak ada yang satu kotak dan juga ada juga yang tidak mengkonsumsi jadi bervariasi. Kira-kira waktu sholat subuh, ada beberapa santri mengalami mencret, mual dan pusing. Siang harinya Petugas Puskesmas P. Telo datang dengan melakukan pelayanan rutin bulanan ke panti tersebut namun belum diketahui kalau terjadi keracunana pangan. setelah sore hari baru beberapa orang lebih kurang 20 anak mengalami keluhan yang sama dan pengurus panti menghubungi Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas. Setelah diobservasi keadaan semakin kurang baik maka oleh pengurus dan Dinkes sepakat untuk dievakuasi ke RS Kapuas yang jaraknya -+ 1 KM dengan menggunakan aramada Ambulance RS, Ambulance Puskesmas P Telo, Ambulance Emergency 508 dan unit Kijang E508. Juga dilakukan koordinasi dengan BPBD Kapuas yang mana beberapa anggota juga merupakan Pegawai di BPBD. Lebih kurang 18 pasien dievakuasi ke RS dan Team juga melakukan penjemputan pasien lain yang terdampak seperti di Jl. seroja. Setelah seluruh pasien dirawat di RS beberapa boleh dinyatakan pulang dan diantar oleh team ke Panti, namun karena perubahan kondisi akhirnya pasien dibawa kembali ke RS. Sampai dengan berita ditulis sementara total Keseluruhan yang mendapatkan perawatan dan observasi di RS sebanyak, 38 orang



Disampaikan juga Bapak Bupati Kapuas, Bapak Wakil Bupati Kapuas, Bapak Kapolres dan Waka Polres serta beberapa anggota DPRD, dan anggota Kodim 1011 Kapuas juga mendatangai Korban akibat kejadian tersebut. 


Demikian dilaporkan giat Team EMERGENCY 508 ORARI LOKAL KAPUAS pada musibah diatas. Terimakasih bantuan dan kerjasamanya dari seluruh INSTANSI Pemerintahan dan masyarakat Kapuas " Salam SATU HATI UNTUK KEMANUSIAAN"

Komentar

Postingan Populer