PEMBEKALAN TIM FASNOT DALAM LG-SAT PENGURANGAN RISIKO BENCANA KABUPATEN KAPUAS

Menindak lanjuti surat BPBD Kabupaten Kapuas Nomor : 893.3/619/BPBD.2014 tanggal, 25 Nopember 2014 perihal Peserta Lokalatih Fasilitator dan Notulis, Team Emergency 508 ORARI Lokal Kapuas menunjuk 1 (satu) anggota untuk mengikuti kegiatan tersebut di Palangkaraya. Selain dari Emergency 508 pesrta lainnya adalah PMI Kabupaten Kapuas 1(satu) orang, BPBD Kapuas 4 (empat) orang dan BPBD Propinsi Kalimantan Tengah 4(empat) orang. Narasumber berasal dari Fasilitator Nasional. Kegiatan dilaksanakan 3 hari. Materi kegiatan LG-SAT ( Local Goverment Self Assesment Tools (Penilaian Kapasitas Lokal Dalam Pengurangan Risiko Bencana). Kegiatan dilaksanakan berdasarkan Fakta- bahwa 

  • Jumlah kejadian bencana terus meningkat  
  • Daerah merasakan dampak bencana secara lebih cepat dan lebih besar
  • Pertimbangan berkelanjutan tidak dapat tercapai tanpa mempertimbangkan pengurangan risiko bencana
Setelah Tim mendapatkan materi pembekalan Kegiatan selanjutnya akan dilaksanakan di Kabupaten Kapuas dengan melibatkan SKPD terkait dan Organisasi di Kabupaten Kapuas. 
Mengingat Pemerintah Daerah merupakan ujung tobak dalam mengantisipasi, mengelola, mengurangi risiko, dan merespon bencana, Kemajuan pelaksanaan PRB ditingkat lokal masih sangat kurang,. Dengan keberadaan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Kapuas tahun 2012 yang mempunyai tugas sebagai : Komando, Pelaksana dan Manager dalam menghadapi Bancana tentunya tidak dapat bekerja sendiri, maka diperlukan dukungan kerjasama dari SKPD dan Organisasi Masyarakat. Seperti dalam kegiatan LG-SAT diharapkan SKPD terkait memberikan data kegiatan yang sudah dan belum dilaksanakan giat Pengurangan Risiko Bencana di Kabupaten Kapuas.
Dengan harapan kegiatan dapat dilaksanakan dan memberikan hasil gambaran  kegiatan Pengurangan Risiko Bencana di Tingkat Kabupaten Kapuas dan sebagai Dokumen untuk perencanaan kedepan.

  

Komentar

Postingan Populer