Kamis, 28 Agustus 2014

PASCA KECELAKAAN TRANSPORTASI AIR VERY PENAMAS

Musibah Kecelakaan Transportasi Air kembali terjadi di Kota AIR Kapuas Kalimantan Tengah yang terjadi pada hari Kedua Lebaran Idul Fitri, Selasa, 29 Juli 2014. Dari beberapa sumber data yang dikumpulkan sebanyak 17 Jiwa meninggal dunia. Hal ini menjadikan perhatian khusus oleh Pemerintah Daerah Kapuas, disamping juga banyaknya SKPD, TNI, POLRI dan Masyarakat yang terlibat dalam penanganan, Organisasi Kemanusiaan yang terlibat dalam Evakuasi Korban dan Tidak kalah pentingnya BASARNAS dan Relawan dari Kalimantan Selatan ikut dalam penanganan Bencana dimaksud. 
Sesuai surat dari Bupati Kapuas, Nomor : 105/VIII/HMSP/2014, tanggal, 4 Agustus 2014, Perihal Undangan Silaturahim.
Pada hari Selasa 5 Agustus 2014 di Halaman kantor Bupati Kapuas dipenuhi oleh PNS, BUMD, TNI, POLRI dan Relawan Kemanusiaan baik dari Kapuas maupun dari Kalimantan Selatan. Ditempat yang sama Penyerahan Tali Asih Pada Tim Relawan Penanganan Musibah Transportasi Air tersebut.
Perlu juga disampaikan pada pembaca bahwa keberadaan Team Emergency 508 -+ sudah 2,6 tahun dan masih banyak peralatan yang dimiliki diantaranya,  
  • Alat Transportasi Air (Speed Boat) dimana masyarakat masih banyak menggunakan transportasi melalui air dan kemungkinan terjadinya kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Dalam giatnya Team Emergency 508 sudah melakukan lebih dari 6 kejadian kecelakaan air yang mengakibatkan korban tenggelam (dapat dilihat pada arsip blog ini)
  • Kantong Mayat yang mana selama ini berkoordinasi dengan Polres Kapuas, PMI Kapuas
  • Tenda Rumah tangga mengingat penyisiran orang tenggelam saat dilapangan bisa memakan waktu -+ 2(dua) hari
  • Alat Komunikasi Emergency Setup untuk menjangkau lokasi yang sangat jauh jaraknya guna menyampaikan perkembangan informasi tahapan (kemajuan di TKM- Tempat Kejadian Musibah)    
  • dan masih banyak yang lainnya
Semangat Kami dilapangan seperti yang tertera pada tujuan didirikan Team ini, tidak menjadi kendala walaupun masih banyak kekurangan kami seperti hal diatas, karena kami yakin semua ada jalan keluarnya. Koordinasi dan Kebersamaan dalam menjalankan tugas kemanusiaan tetap harus terjaga.
Salam...... Satukan Hati Untuk Kemanusiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN PEMBACA BLOG MEMBERIKAN KRITIK DAN SARAN UNTUK KEDEPAN AGAR LEBIH BAIK (by admin)