Rabu, 06 Maret 2013

PENGUKUHAN DAMKAR MANDIRI KAPUAS

Senin, 4 Maret 2013 di Halaman Pemda Kapuas Jl.Pemuda Km. 5,5 Pemerintah Daerah Kapuas mengadakan Peringatan hari Pemadam yang ke 94, upacara akan dihadiri unsur Muspida dan PNS serta Organisasi yang berada di Kabupaten Kapuas. Dalam Kesempatan tersebut juga diagendakan Pengukuhan DAMKAR MANDIRI Kabupaten Kapuas yang diketuai oleh H.Suparman. Damkar Mandiri Kabupaten Kapuas adalah Kesatuan Pemadam Kebakaran Swasta yang berdomisili disebagian besar dalam Kota Kapuas. Beberapa Damkar swasta untuk perlengkapan alat masih banyak yang belum terpenuhi selain beberapa alat seperti selang sudah banyak yang tidak layak pakai, keterangan Damkar Al Iklash sehingga untuk Operasi dilapangan apabila terjadi kebakaran tidak dapat bekerja secara maksimal hal ini juga terjadi pada Damkar-damkar yang lain, selain itu untuk perlengkapan transportasi beberapa damkar masih memprihatinkan hanya menggunakan gerobak tarik  sehingga pada saat kejadian sedikit lambat sampai di TKM. Pemerintah Daerah Kapuas Sendiri sudah banyak memberikan bantuan perlatan pada damkar-damkar swasta yang berada di Kapuas seperti beberapa tahun  yang lalu memberikan Tossa dan Mesin pemadam lengkap, bantuan seperti ini akan tetap diberikan namun secara bertahap seperti pada acara Pengukuhan nanti juga akan diserahkan bantuan 8 Tossa  pada damkar Swasta dan beberapa Kecamatan yang diprioritaskan pada Kecamatan yang Rawan Kebakaran. 
Kabupaten Kapuas sendiri sebenarnya sudah mempunyai Pemadam Induk yang terletak di Jl. Garuda dan Peralatannyapun sudah standar, namun demikian mengingat kejadian kebakaran tahun lalu Pemadam Induk masih perlu bantuan Damkar Swasta dalam memadamkan api di TKM. Koordinasi selalu dilakukan dalam setiap kejadian pada frekuensi 145.080 Mhz. yang juga merupakan Frekuensi Bekerjanya Team Emergency 508 ORARI Lokal Kapuas.
Dalam sambutannya yang disampaikan oleh pembina Upacara Bapak Nurul Edy, MSi (Setda Kapuas) mengharapkan kerjasama dan saling koordinasi antara Damkar Induk dan Damkar Mandiri dalam setiap kejadian kebakaran. Yel yel damkar Mandiri " Pantang Pulang Sebelum Padam" semakin memberikan semangat untuk keseluruhan anggota damkar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN PEMBACA BLOG MEMBERIKAN KRITIK DAN SARAN UNTUK KEDEPAN AGAR LEBIH BAIK (by admin)